Intel Hadirkan Aplikasi Buat Bikin Prosesor Ngebut


Siapa yang tidak tahu Intel, mungkin laptop atau komputer dirumah sobat pasti ada yang pakai prosesor dari Intel. Tapi apakah sobat tahu clockspeed yang dipunyai prosesor sobat?
Biasanya untuk menaikan kecepatan prosesor seseorang harus menggunakan teknik overclocking, tapi apa yang dimaksud dengan overclocking?

Overclocking adalah teknik untuk meningkatkan kecepatan prosesor dengan menaikkan clockspeed di atas standar, sehingga nantinya kinerja prosesor akan ngebut. Biasanya overclocking dilakukan dengan mengubah aneka setting rumit di BIOS komputer, mulai dari pengaturan frekuensi hingga voltase.

Tetapi Intel menghadirkan solusi bagi penggunanya dengan merilis aplikasi bernama Performance Maximizer untuk mempermudah proses overclocking, sehingga bisa dilakukan hanya dengan sekali klik pada sistem operasi Windows.
Dikutip dari situsnya Intel mengatakan bahwa Performance Maximizer dapat menganalisis setting prosesor, kemudian melakukan pengaturan untuk meningkatkan performa lewat overclocking. Hal ini dapat dilakukan secara otomatis dan mudah pastinya. Pada aplikasi ini dapat memudahkan tuning prosesor Intel tipe unlocked berdasarkan potensi kinerja individualnya, seperti dikutip dari situs Intel.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini untuk sekarang hanya mendukung prosesor Core i9, i7, dan i5 generasi kesembilan, dengan pengali frekuensi (multiplier) yang terbuka (unlocked), ditandai dengan huruf “K” di akhir nomor model.
Selengkapnya, prosesor yang didukung adalah Core i9-9900K, Core i9-9900KF, Core i7-9700K, Core i7-9700KF, Core i5-9600K, dan Core i5-9600KF.

Syarat-syarat tambahan juga diharuskan adalah komputer mesti memiliki RAM minimal 8 GB dan ruang penyimpanan 16 GB. BIOS pada motherboard juga perlu diperbarui, semua core prosesor dibuka, lalu fitur Processor Core Overclocking, Turbo Boost 2.0, dan Hyper-Threading diaktifkan.
Dalam melakukan overclocking melalui aplikasi ini walaupun dirasa lebih aman dibandingkan overclocking secara manual, Intel tetap memperingatkan bahwa praktik menggenjot kecepatan prosesor diluar standar tetap dapat merusak atau mengurangi umur pada komponen tersebut.

Intel Performance Maximizer dapat diunduh secara gratis melalui tautan berikut.

Sekian artikel yang saya hadirkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna bagi sobat sekalian, dan terima kasih telah membaca artikel ini.
*Salam kompak persahabatan dari Blogger Cool*

Posting Komentar

0 Komentar