Mengenang Ponsel IBM Simon, Prototipe "Smartphone" Pertama di Dunia




Hai sobatku sekalian, pada hari ini saya akan membagikan artikel terbaru untuk sobat.
Kembali lagi bersama saya Blogger Cool diblog saya sendiri. Sudah lama rasanya saya tidak ngepost artikel baru dan pada saat ini saya kembali menghadirkan artikel terbaru dan langsung baca aja.

Era smartphone sangat berkembang dengan pesat, ponsel pintar dengan beberapa fiturnya yang canggih dirasa sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tepat pada hari ini 26 tahun yang lalu,pada 23 November 1992, smartphone pertama diperkenalkan. Smartphone yang diberi nama IBM Simon itu dikenalkan pertama kali diacara EXPO COMDEX di Las Vegas, Amerika Serikat. Pada saat itu IBM Simon tercatat sebagai smartphone pertama didunia. Setelah dikenalkan, ponsel ini akhirnya dirilis ke publik pada tahun 1994.

Ponsel pintar ini dikembangkan oleh perusahaan IBM dan BellSouth. Pada acara itu, IBM Simon menjadi pusat perhatian orang-orang dikarenakan ponsel pintar tersebut merupakan gabungan antara ponsel dan personal digital assistant (PDA) dalam satu perangkat. Hal ini memungkinkan seseorang bisa menelepon dan menerima panggilan, faksimili, dan membuat email. Serta memiliki fitur yang ada dalam PDA seperti kalender, buku alamat dan notepad, dan beberapa aplikasi lainnya seperti peta, saham, berita, dan juga fitur lainnya.
Ponsel pintar ini memiliki desain yang tebal dan panjang, serta memiliki layar sentuh, yaitu touchscreen monokromatik dengan resolusi 160×293 pixels 4,5 inch. Dari sisi penyimpanannya memiliki 1 Mb RAM dengan didukung kartu memori dengan kapasitas 1,8 Mb, serta memiliki baterai nikel Kadmium yang hanya mampu bertahan selama satu jam pemakaian. IBM Simon memiliki berat 0,5 kilogram (500 gram).

Jika kita menilik dengan seksama dengan teknologi yang sekarang memang tak sebanding, namun di era tersebut sudah lebih dari cukup untuk spesifikasi sebuah ponsel. Ponsel ini terjual sekitar 50.000 unit, selama enam bulan produk itu beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan adalah 899 dollar dan diturunkan menjadi 600 dollar karena dinilai sangat mahal pada masa itu, oleh karena itu ponsel inipun menghilang dari peredaran sekitar dua tahun sejak diluncurkan. Kini, IBM Simon yang telah berumur 20 tahun dipajang dalam pameran Museum Sains London.

Berikut beberapa Fakta menarik dari ponsel pintar IBM Simon :

1. Simon menjadi ponsel pertama yang tersedia dengan layar sentuh, meskipun sebelumnya perangkat PDA telah memamerkan berbagai teknologi layar sentuh portabel. Ponsel ini disertai dengan sistem navigasi yang mudah dilengkapi pensil stylus. IBM Simon juga sudah dilengkapi oleh beberapa aplikasi.

2. Fitur canggih dalam Simon adalah "PredictaKey" yang bisa muncul ketika kita menuliskan pesan. Fitur ini memberikan kita layanan ketika menulis akan menunjukan karakter apa yang anda butuhkan.

3. Ponsel ini juga dapat terhubung  ke kabel telepon rumah untuk melakukan panggilan tertentu.

Sekian artikel yang saya hadirkan. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi sobat sekalian, sebelum berpamitan saya meminta maaf jika ada kesalahan kata yang saya ucapkan. Dan terima kasih telah membaca artikel ini.
Sekian artikel yang saya sajikan sampai bertemu dilain waktu.
*Salam kompak persahabatan dari Blogger Cool*

Posting Komentar

0 Komentar